Bagaimana Cara Bisnis Online Menggunakan Instagram ?


Siapa yang tidak mengenal Instagram ? Jaman sekarang sudah banyak yang memiliki akun Instagram, mulai dari rakyat jelata hingga artis mancanegara. Saat ini ada 300 juta pengguna aktif Instagram, dan tiap harinya rata – rata ada 75 juta pengguna yang mengakses Instagram.
Dalam sebuah penelitian, Instagram dianggap paling mampu mempromosikan suatu produk dibanding dengan social media yang lain. Ini artinya, bagi kamu yang ingin memulai atau menjalankan bisnis, maka menggunakan Instagram untuk bisnis online adalah pilihan yang tepat.
Tahap awal untuk membangun bisnis online lewat Instagram adalah dengan menggaet banyak followers. Sama seperti media sosial yang lain, pasti terdapat cara salah, cara benar, dan juga cara pintar untuk menambah followers. Nah, di sini kami akan memberikan tips cerdas untuk menambah followers Instagram demi kesuksesan bisnis online !

1.       Gunakan hashtags yang tepat
hashtag via youthmistrymedia.ca

Prinsip kerja bisnis online di Instagram secara sederhana bisa diartikan dengan mempertahankan followers yang sudah ada sambil terus menambah jumlah followers lainnya. Selalu memposting foto produk terbaru tentu wajib dilakukan demi menjaga followers yang sudah ada. Tapi untuk makin menambah followers yang lebih banyak, kamu harus menggunakan hashtag yang tepat dalam setiap foto produk yang kamu posting di Instagram. Dengan menggunakan hashtag, foto produk bisnis kamu akan lebih mudah dicari pengguna Instagram yang lain.
Misalnya produk fashion wanita, kamu bisa menggunakan hashtag #womenfashion #womenfashiontips #womenfashionshop #hijab #hijabshop #jualhijab #jualhijabjakarta, dan sebagainya. Selain itu sertakan juga hashtag dengan nama bisnis online kamu agar mudah dicari.

2.       Posting foto di saat yang tepat
like via mashable

Hashtag yang tepat seakan tak ada gunanya jika kamu memposting foto produk di saat yang salah. Hal ini berkaitan erat dengan waktu – waktu yang sering dimanfaatkan orang untuk mengakses Instagram. Biasanya orang akan browsing Instagram saat hari Senin pada jam makan siang, Selasa jam 10 malam, Rabu jam 4 sore, Kamis antara jam 3 sore dan jam 8 malam, Jumat ketika jam pulang kantor, Sabtu jam 6 petang, dan Minggu sesaat setelah bangun pagi jam 10.     

3.       Ambil followers dari akun yang sejenis
followers via geekinsider

Misalnya kamu memiliki bisnis fashion wanita, coba kamu lihat followers dari akun Instagram yang juga membahas tentang fashion wanita. Secara logika, pengguna Instagram yang telah mengikuti akun tersebut sudah pasti memiliki ketertarikan yang sama dengan fashion wanita. Bagaimana cara “mencuri” followers tersebut ? Caranya adalah dengan mulai pendekatan, pertama dengan likes foto-foto di galeri Instagramnya, kemudian mulai berkomentar positif pada foto calon followers kamu ini. Langkah selanjutnya adalah follow dia. Data menyebutkan, setiap kali kamu follow seseorang, maka 14% akan follow back, follow dan like, maka 22% follow back, follow + like + comment, maka 34% akan follow back.

4.       Endorse, promosi, dan review produk
promosi via jadedragononline

Langkah selanjutnya adalah mengiklankan produk guna menjaring pengguna Instagram yang lebih banyak. Tidak sama dengan tips – tips sebelumnya, cara ini tidaklah gratis, kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk ini. Misalnya kamu memiliki bisnis online produk tas, mulailah dengan mengumpulkan data akun instagram orang ataupun brand lain yang memiliki followers yang banyak. Bagaimana memilih akun yang tepat untuk promosi produk kita ? Caranya dengan memilih akun yang kredibel dan berpengaruh cukup besar. Rata – rata akun yang sudah besar memiliki followers sebanyak 20k – 200k. Selain itu kamu juga bisa endorse orang atau selebgram yang memiliki followers yang banyak dan cocok dengan produk bisnis online kamu. Biasanya terdapat alamat email pada profil akun Instagramnya. Perlu dicatat, makin banyak jumlah followers yang mereka miliki, maka makin besar juga uang yang kamu keluarkan untuk menggunakan jasa mereka mengiklankan produk kamu.

Dengan menerapkan Cara Bisnis Online Menggunakan Instagram di atas, maka bisa dijamin omzet bisnis online kamu akan meningkat. Buktikan sendiri !     




loading...

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Bisnis Online Menggunakan Instagram ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel