10 Tips Agar Kamu Tetap Produktif Meskipun Sedang Tidak Bersemangat dan Merasa Tidak Berguna



If you always do what you’ve always done, you’ll always get what you’ve always got. Henry Ford.

Di kantor, jam 10 pagi, udah ngehabisin 2 cangkir kopi, dan kamu masih aja stuck, nggak ada ide, nggak bersemangat kerja. Akhirnya kamu capek, ya capek fisik ya  capek pikiran juga. Baca kata-kata motivasi dari Instagram ? Lihat meme-meme lucu biar ceria lagi ? Masak tiap hari harus kayak gitu ? Itu sama saja kayak kamu harus minum obat kuat dulu setiap akan mesra-mesraan bareng istri.

Kerja memang butuh semangat, tapi tentu saja ada saatnya tubuh dan pikiran kamu merasakan lelah yang luar biasa. Kalau udah stuck, nggak ada ide, itu merupakan kode dari tubuh dan pikiran kamu untuk woles sejenak.

Oke, mungkin beberapa cangkir kopi memang bisa membuat semangat kerja kamu kembali secara instan. Tapi sebenarnya ada caranya kok agar kamu bisa tetap produktif meskipun sedang tidak bersemangat, depresi, dan merasa tidak berguna. Dengan menjalankan tips ini memang hasilnya tidak bisa langsung dilihat seketika, tapi secara rutin dengan menjalani tips ini maka kamu akan bisa bertransformasi menjadi orang yang lebih produktif dan sukses !

Istirahat yang cukup
Tubuh ibarat mesin. Mesin yang keren dan di dalamnya terdapat komponen-komponen yang butuh perawaatan dan istirahat. Sama seperti sebuah komputer atau laptop yang kamu matikan setiap kamu selesai mengerjakan tugas-tugas kantor, tubuhmu juga harus istirahat setelah lelah seharian dipaksa kerja demi mengisi perut dan dompetmu. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tidur malam yang berkualitas dapat membersihkan “racun” di otak akibat pekerjaan yang stressfull. Tidur malam yang berkualitas baik adalah tidur nyenyak dengan durasi 7-8 jam.

Berpikir saat kamu sedang makan
Bukan, bukan mengkhayal atau memikirkan tugas-tugas kantor atau teman-teman yang menyebalkan ! Berpikir saat kamu sedang makan di sini maksudnya adalah memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan apa yang sedang kamu makan, atau yang kerap disebut mindful eating. Mindful eating mengajak kamu untuk memikirkan makanan apa yang sedang kamu konsumsi, dari mana asal makanan yang sedang berada di piring kamu, apa manfaat dari makanan yang akan kamu konsumsi ini, dan sebagainya, jadi apa-apa saja yang kamu makan tidak hanya untuk membuatmu kenyang, tapi juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dan penelitian juga membuktikan bahwa cara ini bisa membuat kamu lebih bersemangat, mengurangi stress, dan juga bisa untuk diet.

Jangan minum kopi terus
Kafein adalah stimultan yang bisa mempengaruhi sistem saraf. Makanya kalau habis minum kopi, jantung akan terasa berdegup lebih kencang, akibatnya kayak ngantuknya hilang. Bagus sih jadi lumayan fokus lagi, tapi efeknya kamu bisa makin capek. Jadi coba deh diganti dengan cara yang lebih alami, misalnya dengan olahraga ringan dan meditasi. Kalau belum bisa move on dari kopi, pelan-pelan ganti minuman kopi dengan pengharum ruangan beraroma kopi atau bisa juga pakai bubuk kopi untuk luluran di pagi hari.

Tetap aktif bergerak, jangan duduk terus !
Dengan terus aktif dan bergerak dapat meningkatkan semangat, mengurangi stres, menjaga daya ingat, dan kecerdasaan otak. Kamu bisa pilih bersepeda, lari-lari kecil, olahraga ringan atau yoga. Olahraga di pagi hari sebelum bekerja juga bagus lho !

Meditasi
Sudah banyak artikel yang menganjurkan meditasi untuk mengurangi stress dan meningkatkan semangat. Itu semata-semata karena memang benar bahwa dengan meditasi mood kamu bisa membaik. Dan pada akhirnya kamu bisa semangat terus buat cari duit.

Lakukan apa yang membuat kamu bahagia
Kerja terus-terusan, sampai lembur pun juga dilakukan mungkin memang bisa membuat rekeningmu gendut dan disukai atasan, tapi tak jarang hal tersebut membuat esensi dari kebahagiaan kamu berkurang, apalagi kalau kamu malah jatuh sakit, duit lemburan justru bisa habis buat biaya opname di rumah sakit. Jadi nggak usah ngoyo-ngoyo lah kalau kerja ! Kalau udah capek ya istirahat, nggak usah sok-sokan lembur. Pulang kerja beli es krim lah, belanja lah, nonton film lah, karaoke lah, lakukan apa yang membuat kamu bahagia.

Ikuti kata hati
Saat kamu hendak membuat keputusan besar, wajar bila kamu merasa bingung harus memutuskan apa. Cobalah untuk mulai mengikuti kata hatimu untuk menentukan keputusan tersebut. Biasanya tubuh dan pikiran kita sendiri yang tahu kebutuhan dan kemampuan kita. Jika kamu merasa jenuh, ambil tas dan pergilah berlibur, itulah yang dibutuhkan tubuh dan pikiranmu. Mulailah bersikap jujur tentang perasaan kamu dan ikutilah kata hati kamu.

Lakukan sesuatu yang baru
Rutinitas yang itu-itu saja pasti membuat kamu jenuh, bosan, dan kurang menantang. Maka coba lakukan sesuatu yang baru. Bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, misalnya berangkat ke kantor dengan rute yang berbeda dari biasanya. Coba hal tersebut sekali seminggu. Pengalaman baru akan semakin membuka wawasanmu dan cara berpikirmu.

Belajar hal baru
Hampir sama dengan poin sebelumnya, belajar hal yang baru akan lebih membuat kamu open minded, dan mamacu kreatifitasmu yang mungkin selama ini terpendam, tertutup oleh file-file kantor yang menjemukan. Mulai dari hal kecil misal belajar masak atau belajar menjahit dari YouTube. Kalau mau yang lebih serius, coba saja ambil kelas kursus, siapa tahu malah bisa mengantarkanmu ke karier yang lebih menyenangkan dan menjanjikan. Who knows ?

Bergaul dengan orang-orang yang tepat
Semua tips di atas bisa hancur berantakan dan gagal total kalau kamu bergaul dengan teman-teman yang salah. Mereka adalah teman-teman yang hanya membuat kamu stuck, terpuruk, dan bisa membuat potensi suksesmu sirna. Maka dari itu mulailah mundur teratur dari orang-orang yang kamu rasa hanya memberikan efek negatif dalam hidup kamu. Bergaulah dengan orang-orang yang tepat dan mendukungmu untuk meraih mimpi besarmu !



Baca Juga Artikel Seru Lainnya :







loading...

Artikel Terkait

10 Tips Agar Kamu Tetap Produktif Meskipun Sedang Tidak Bersemangat dan Merasa Tidak Berguna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel