Harga Rokok Naik, Masih Mau Merokok ? Lihat Dulu Deh Perubahan Wajah Orang-Orang yang Menjadi Perokok Aktif Ini !


dampak rokok via buzzfeed

Harga rokok mau naik, tapi masih wacana sih. Rencananya harga rokok akan naik menjadi Rp. 50.000 per bungkus. Kenapa harga rokok dinaikkan salah satu alasannya agar pemerintah bisa mengendalikan dan menekan konsumsi rokok. Ya, tak bisa dipungkiri, kini banyak anak remaja atau anak sekolah bahkan anak kecil yang merokok, entah dari membeli sendiri atau minta dari orang yang lebih tua. Padahal rokok bisa membuat wajah seseorang kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya, bahkan British Medical Association menyebutkan bahwa orang yang merokok maka wajahnya bisa lima kali lebih tua dari usianya yang sebenarnya.

Nah, ada eksperimen juga nih dari Buzzfeed, mereka mau menunjukkan kira-kira bagaimana wajah tuanya orang-orang yang doyan banget ngerokok. Dengan bantuan Dr. Hays dari Nicotine Dependence Center Mayo Clinic dan juga dibantu make up artist, mereka meminta tiga orang perokok aktif untuk ikut eksperimen ini.

Ini dia para sukarelawan yang ikut dalam eksperimen

Michael
sukarelawan via buzzfeed 

Michael berusia 28 tahun, dan dia merupakan perokok paling aktif diantara tiga orang sukarelawan dalam eksperimen ini. Michael biasa menghabiskan dua bungkus rokok per hari. Dia mengaku sudah sering berusaha untuk berhenti merokok, tapi hal itu sangatlah sulit.

Meredith
sukarelawan via buzzfeed

Meredith berusia 24 tahun, dia biasanya merokok tiga atau empat batang rokok per hari, tapi bisa lebih banyak dari itu ketika Meredith mengonsumsi alkohol. Dia berujar bahwa sering berupaya untuk berhenti merokok, tapi susah, paling lama bisa tahan tidak merokok selama dua minggu, sehabis itu beli rokok lagi deh.

Edd
sukarelawan via buzzfeed

Nah kalau si Edd ini bisa dibilang social smoker, karena biasanya hanya merokok saat lagi kumpul sama teman-temannya. Jadi ya kurang lebih Edd menghabiskan satu bungkus rokok sebulan. Edd sebenarnya ingin sekali berhenti merokok tapi dia kurang motivasi, dia ingin ada sesuatu hal yang bisa membuat dia yakin untuk memutuskan berhenti merokok.

Sekarang giliran make up artist yang bekerja, dia merubah tampilan wajah dari para sukarelawan yang merupakan perokok menjadi terlihat lebih tua. Tentu saja hal ini dilakukan dengan arahan Dr. Hays sebagai penasehat kesehatan yang tahu dampak negatif rokok pada seseorang.

rokok via buzzfeed

Dampak terbesar dapat dilihat pada kulit, hal tersebut terjadi karena asap rokok yang langsung mengenai kulit (wajah). Terlihat kerutan-kerutan dan keriput di sekitar mulut dan bagian diantara bawah hidung dan bibir.

Lalu juga bisa membuat kulit wajah jadi kendur dan juga pori-pori pada wajah menjadi lebih besar sehingga terlihat kusam. Tidak hanya itu, perokok juga sangat berisiko mengalami gangguan kesehatan mulut dan gigi, diantaranya gigi yang menguning dan kemudian ompong.

Michael sebelum dipermak 
sebelum via buzzfeed

Dari ketiga sukarelawan, Michael yang paling parah sebab dia yang paling banyak merokok. Wajahnya sangat kelihatan jompo, keriputan di mana-mana terutama di bagian sekitar mulut, giginya juga menjadi kuning sekali.

Michael sesudah dipermak
sesudah via buzzfeed

Meredith sebelum dipermak
sebelum via buzzfeed

Meredith yang biasa menghabiskan tiga hingga empat bahkan lebih dalam sehari, perubahan wajahnya tidak terlalu parah dari Michael, tapi tetap saja terlihat jelas ada keriput di sekitar mulutnya.

Meredith sesudah dipermak 
sesudah via buzzfeed

Edd sebelum dipermak 
sebelum via buzzfeed

Edd yang relatif lebih jarang merokok dari dua sukarelawan yang lain, wajahnya tidak terlalu banyak berubah, tapi kerutan di sekitar mata, pipi dan mulut cukup terlihat, karena dia kerap nongkrong bareng dengan teman-temannya, dan hal tersebut berimbas pada gaya hidupnya yang kurang sehat.

Edd sesudah dipermak
setelah via buzzfeed

Dr. Hays mengatakan, perubahan penampilan fisik akibat merokok tidak bisa diukur secara tepat. Justru yang lebih parah bisa terjadi di organ dalam perokok tersebut. Orang-orang perokok ketika berusia 60 tahun akan seperti memiliki paru-paru orang yang berusia 80 tahun.  

masih mau merokok ? via buzzfeed


Baca juga artikel lainnya yuk !







loading...

Artikel Terkait

Harga Rokok Naik, Masih Mau Merokok ? Lihat Dulu Deh Perubahan Wajah Orang-Orang yang Menjadi Perokok Aktif Ini !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel