Anak Arsitek Harus Lihat Nih ! Gedung dan Bangunan dengan Desain Unik Ini Cuma Ada di Jepang



Gedung dan bangunan dengan desain unik di Jepang sangat banyak. Dunia arsitektur di Jepang sangat maju, hal tersebut salah satunya karena regulasi atau undang-undang yang mengatur pendirian bangunan di Jepang memiliki aturan baku yang jelas. Karena Jepang juga relatif sering mengalami gempa, maka desain dari gedung-gedung seperti rumah, sekolah, pusat perbelanjaan, hotel dan gedung perkantoran juga dibuat agar tahan gempa.

Meski aturan dan syarat mendirikan bangunannya cukup ketat, namun hal itu tidak menghambat kreatifitas para arsitek di Jepang. Justru dengan begitu, para arsitek di Jepang tersebut dituntut untuk semakin berpikir kritis dan out of the box ! Hal ini tercermin dari gedung dan bangunan dengan desain yang unik banget ! Berikut beberapa desain gedung dan bangunan unik, keren, futuristik, khas Jepang banget, serba minimalis dan nyentrik !

Taman kanak-kanak
tezuka architects
Taman kanak-kanak di Jepang yang satu ini memiliki desain yang sangat menarik. Sebab bangunannya melingkar mengelilingi sebuah pohon besar yang berada persis di tengah-tengah bangunan TK yang semi outdoor ini.

Playgroup
Youji No Shiro
Masih di seputar dunia pendidikan, kalau yang ini gedung Playgroup. Jika kita lihat gedung ini memiliki ruangan tengah yang tak beratap dibiarkan terbuka. Ternyata tujuannya adalah jika sedang hujan, maka air hujan akan menggenangi ruangan tengah yang memiliki cekungan sehingga mampu menampung air hujan layaknya kolam kecil.

Rumah pengkolan
Yasuhiro Yamashita
Untuk menyiasati lahan yang sempit, rumah ini memiliki sisi samping bangunan yang dibiarkan terbuka di tepi jalan. Ruang tersebut difungsikan sebagai garasi yang cukup muat untuk mobil berukuran relatif kecil, seperti VW Bettle kuning ini.

Rumah nenek
Issei Suma
Rumah yang ditinggali oleh dua orang nenek ini memiliki interior yang sederhana dan nyaman. Namun jika kita melihat bagian luarnya, rumah ini terlihat seperti tenda atau rumah adat suku Indian.

Gedung kantor two faces
ykanazawa1999
Wow, desain gedung ini sangat unik ! Gedung perkantoran di Jepang tersebut seakan memiliki dua wajah, di satu sisi bangunan dengan tembok yang terkesan jadul dan konvensional. Sedangkan di sisi lain ada wajah kedua yang berupa jendela-jendela kaca layaknya gedung perkantoran modern.

Bank
emmanuellemoureaux
Desain bangunan sebuah bank di Jepang ini lain dari yang lain. Sekilas bangunannya seperti kubik warna-warni tak beraturan.

Apartment mirip mesin laundry
interiorator.com , wikipedia.org
Apabila dilihat dari jauh gedung ini lebih mirip tumpukan mesin laundry yang ditata sedemikian rupa secara vertikal. Namun jangan salah, gedung ini adalah apartment yang bisa kamu jumpai di Negeri Sakura.

Rumah perosotan
Studio LEVEL Architects
Cihuy, di rumah ini kamu bisa perosotan dari lantai atas ke lantai bawah ! Ya, tidak perlu repot-repot turun tangga untuk menuju lantai bawah, karena rumah ini dilengkapi dengan perosotan.

Gereja
Hiroshi Nakamura & NAP
Bangunan gereja di Jepang ini indah luar dalam. Dari luar bentuk bangunannya seperti spiral, ternyata spiral-spiral tersebut difungsikan sebagai anak tangga. Sesampainya di dalam, interior sangat cantik dan dari sini kamu bisa melihat pemandangan dari balik jendela-jendela kaca.

Green house

Ryue Nishizawa
Rumah lima lantai bercat putih ini semakin terlihat nyentrik dan semarak dengan tanaman-tanaman yang tumbuh di teras-teras setiap lantai, asri sekali !

Gedung kantor sekaligus mall, Namba Park
osaka-info.jp
Kira-kira betah nggak kamu kalau ngantor di sini ? Tiap hari bisa belanja

Dear Ginza Building
archdaily.com
Kayak kertas yang habis diremes terus dibuka lagi ya ?

Rumah Transparan 
Sou Fujimoto Architects
Mm..permisi, ini toiletnya di mana ya ?

Kapel di tengah hutan
Hiroshi Nakamura & NAP
Bisa berdoa sambil menikmati keindahan alam

O House di Kyoto
Hideyuki Nakayama Architecture
Point of viewnya adalah gordyn yang sangat panjang

Hoki Museum
Nikken Sekkei
AWESOME ! Ini mungkin merefleksikan lesatan bola hoki

GC Prostho Museum
archdaily.com
Ini bisa dipanjat tanpa pakai tangga nih kayaknya

Rumah minimalis
mtytic
Ah, gue mau nih punya rumah kayak gini !

Flagpole house
milligram
Rumahnya kayak di ujung gang sempit, tapi bisa keren banget gini ya ? Yuk arsitek Indonesia jangan mau kalah kreatif !


Baca artikel lainnya juga yuk !









loading...

Artikel Terkait

Anak Arsitek Harus Lihat Nih ! Gedung dan Bangunan dengan Desain Unik Ini Cuma Ada di Jepang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Cari Artikel